Kondisi Pantai Pulau Merah Banyuwangi yang Ditutup Selama PPKM

- 25 Juli 2021, 16:50 WIB
Pantai Pulau Merah Banyuwangi ditutup selama masa PPKM. Banyuwangi dimana Pantai Pulau Merah berada dikenakan PPKM Level 3.
Pantai Pulau Merah Banyuwangi ditutup selama masa PPKM. Banyuwangi dimana Pantai Pulau Merah berada dikenakan PPKM Level 3. /Ahmad Suudi/Ringtimes Banyuwangi
 
RINGTIMES BANYUWANGI - Pantai Pulau Merah Banyuwangi mengikuti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
 
PPKM dijalankan pemerintah,  ermasuk di tempat wisata seperti Pantai Pulau Merah Banyuwangi, untuk mengurangi penyebaran Covid-19.
 
Kabupaten Banyuwangi, dimana terdapat Pantai Pulau Merah Banyuwangi, ditetapkan sebagai kawasan PPKM Level 3 oleh pemerintah. 
 
 
Hal itu tercantum dala  Intruksi Menteri Dalam Negeri (InMendagri) nomor 22 tahun 2021 yang menjadi dasar terbaru pelaksanaan PPKM di Indonesia. 
 
Di masa PPKM ini pintu masuk utama Pantai Pulau Merah Banyuwangi ditutup dilengkapi tulisan pengumuman penutupan destinasi. 
 
Beberapa orang nampak duduk-duduk di bangku tepi pantai, yang jauh lebih sepi dari hari biasa.
 
 
Bila biasanya Pantai Pulau Merah Banyuwangi menerima seribu pengunjung dalam sehari, kini nampak belasan orang di sekitar pantai.
 
Musik dari pengeras suara yang biasanya berdegup kencang dari posko pengawasan kini tak terdengar.
 
Sementara aktivitas alam dimana laut sedang surut berjalan seperti biasa, yakni dataran pasir Pantai Pulau Merah Banyuwangi nampak semakin luas.
 
 
Imam salah satu pengunjung mengaku kedatangannya ke pesisir selatan itu bagian dari tugas kerjanya sehingga datang kesana.
 
Dia bersyukur tak terjadi kerumunan dan berharap kondisi itu terus berlanjut agar pandemi terkendali hingga berhasil dihilangkan. 
 
"Semoga pandemi cepat hilang, dan tempat wisata bisa buka, kasihan warungnya tutup," kata Imam.
 
 
Yang dia katakan memang benar, warung-warung di dalam pagar area pantai tutup.
 
Pedagang bermotor yang biasanya keliling Pantai Pulau Merah Banyuwangi, di sisi barat juga tak nampak.
 
PPKM telah diperpanjang oleh pemerintah sampai tanggal 25 Juli mendatang, dan akan dipertimbangkan untuk perpanjangan lagi atau tidak. 
 
 
Pantai Pulau Merah Banyuwangi tempat biasanya seribu orang menghilangkan penat per hari, tempat pedagang dan puluhan homestay warga menyambung hidup, harus bertahan dalam kondisi sulit ini.***

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x