Ketakutan Besar Hantui Korea Selatan Jika Indonesia Batalkan Pembiayaan Proyek KF-21 Boramae

- 16 Oktober 2021, 17:20 WIB
 Ilustrasi jet tempur/Pembayaran Indonesia pada proyek KF-21 Boramae yang tertunda membuat Korea Selatan dihantui ketakutan besar.
Ilustrasi jet tempur/Pembayaran Indonesia pada proyek KF-21 Boramae yang tertunda membuat Korea Selatan dihantui ketakutan besar. /Pixabay/12019

RINGTIMES BANYUWANGI – Kabar batalnya Indonesia dalam pembayaran iuran pesawat jet tempur KF-21 Boramae membuat Korea Selatan ketar ketir dan ketakutan.

Setelah hampir 10 tahun penantian, Korea Selatan akhirnya meluncurkan jet tempur buatan dalam negeri mereka sendiri, Korea Aerospace Industry Ltd (KAI)  pada Jumat, 9 April 2021.

Pesawat jet tempur yang diluncurkan tersebut adalah jet tempur KF-21 Boramae hasil kerjasamanya dengan Indonesia.

Kecanggihan dari pesawat jet tempur KF-21 Boramae ini melebihi pesawat jet tempur milik Indonesia yang pernah ada sebelumnya seperti Sukhoi dan F-16.

Baca Juga: Indonesia Dianggap Gagal Karena Tak Biayai Proyek KF-21 Boramae, Korea Selatan Agendakan Negosiasi

Yang lebih menakjubkan lagi yaitu rencana penerbangan pertama yang akan dijadwalkan pada tahun 2022 nanti, seperti dikutip dari Zonajakarta.

Namun, ada masalah antar kedua belah pihak yaitu Indonesia dan Korea Selatan yang nampaknya kini sedang membuatnya sedikit menghambat proses pelaksanaannya.

Masalah tersebut terkait dengan regulasi komitmen keuangan Indonesia yang tersendat.

Dalam hal keuangan dan pembiayaan proyek KF-21 Boramae ini, Indonesia mendapatkan bagian 20 persen dari seluruh total pembiayaan program.

Baca Juga: Indonesia dan Korea Selatan Akan Jadi 'Raja Ekspor di Asia' Jika Proyek KF-21 Sukses Terlaksana

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Zona Jakarta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x