Drone Era Soviet yang Jatuh di Kroasia Membawa Bom, NATO Dinilai Lambat Tangani Insiden Serius

- 14 Maret 2022, 13:18 WIB
Sebuah drone era Soviet yang jatuh di Kroasia membawa bom meninggalkan lubang besar dan merusak skeitar 40 mobil yang terparkir.
Sebuah drone era Soviet yang jatuh di Kroasia membawa bom meninggalkan lubang besar dan merusak skeitar 40 mobil yang terparkir. /Unsplash/Clay Banks//

RINGTIMES BANYUWANGI - Pada Minggu, 13 Maret 2022, sebuah drone era Soviet yang jatuh di Kroasia membawa bom, setelah sebelumnya menabrak sebuah lapangan dekat asrama mahasiswa pada Kamis malam.

Pesawat tak berawak tersebut merupakan drone pengintai yang dibuat di era Soviet, tahun 1980-an terbang dari zona perang Ukraina melintasi wilayah udara tiga negara anggota NATO, Rumania dan Hongaria, sebelum jatuh dan meninggalkan lubang besar di dekat Zagreb, ibukota Kroasia.

Dilansir dari laman AP News pada 14 Maret 2022, Menteri Pertahanan Kroasia Mario Banozic mengatakan bahwa drone era soviet yang jatuh di Kroasia membawa bom dan bukan alat pengintai.

Baca Juga: Dampak Invasi dan Meluasnya Russophobia, Seorang Gadis Rusia Diserang Warga Ukraina di Spanyol

“Jejak bahan peledak dan petunjuk yang menunjukkan bahwa ini ditemukan bukan pesawat pengintai. Kami menemukan bagian dari bom udara,” kata Menteri Pertahanan Kroasia Mario Banozic di lokasi kecelakaan, dikutip dari AP News.

Banozic juga menyampaikan bahwa ini semakin menimbulkan pertanyaan besar tentang apakah drone tersebut milik Rusia atau milik Ukraina, namun ada unsur yang mengindikasikan bisa saja dari keduanya.

Bagian drone yang tersisa dari kawah besar yang tercipta saat tumbukan tersebut sebagian besarnya telah ditarik oleh penyelidik kecelakaan udara, termasuk juga dengan kotak hitam yang rusak.

Baca Juga: Senjata Super Mematikan Digunakan oleh Rusia Selama Invasi ke Ukraina, Sanggup Buat Tubuh Menguap

Pada Sabtu, para pejabat Kroasia mengkritik NATO atas apa yang mereka katakan sebagai reaksi lambat terhadap insiden serius jatuhnya drone militer buatan Soviet di wilayah Zagreb yang terbang dari zona perang Ukraina.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: AP News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x