Dianggap Tidak Punya Karakter Nasional, Resor Milik Korea Selatan Terancam Dihancurkan Korea Utara

- 15 April 2022, 15:25 WIB
Gambar satelit Resor Ananti Golf.
Gambar satelit Resor Ananti Golf. /Planet Labs/NK News/

RINGTIMES BANYUWANGI – Resor Golf Ananti milik Korea Selatan di dekat Gunung Kumgang terancam dihancurkan oleh Korea Utara karena dianggap tidak punya karakter nasional.

Resor Ananti Golf yang bernilai jutaan dollar tersebut rencananya akan dirobohkan tanpa seizin dari perusahaan yang bersangkutan.

Operasi pembongkaran Resor Golf Ananti akan dilakukan setelah Korea Utara berhasil melakukan perobohan hotel terapung yang berada di dekatnya. Hotel itu milik perusahaan Korea Selatan, Hyundai Asan, yaitu Hotel Haegumgang pada awal Maret lalu.

Akibat tindakannya itu, Korea Utara ini menuai kritik pedas dari pemerintah Seoul. Menurut citra satelit, sepuluh bangunan penginapan besar tampak telah dihancurkan pada 9-10 April 2022. Alat yang digunakan sebagai pembongkaran bangunan adalah bahan peledak.

Baca Juga: Jepang Ambil Kebijakan Boleh Dikunjungi Anggota Keluarga Penduduknya dari Luar Negeri Dalam Jangka Pendek

Sejarah Singkat Putusnya Operasi Ananti Golf

Ananti Golf dan Resor Spa dibuka untuk turis Korea Selatan pada tahun 2008 dengan fasilitas mewah dengan pemandangan lapangan golf yang terletak di kota Kosong, dekat Gunung Kumgang, Korea Utara dengan biaya pengeluaran sekitar $75 juta.

Namun, hanya kurang dari satu tahun dibukanya Ananti Golf dan Resor Spa untuk warga Korea Selatan, mereka resmi menghentikan semua pariwisata ke Korea Utara.

Hal itu dipicu setelah seorang tentara Democratic People’s Republic of Korea (DPRK) menembak dan membunuh seorang warga negara Korea Selatan di Gunung Kumgang.

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam

Sumber: NK News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x