DPRD Banyuwangi Terima Delapan Usulan Raperda Tahun 2023 dari Eksekutif

- 9 November 2022, 15:20 WIB
Pimpinan dan anggota DPRD Banyuwangi saat menerima usulan delapan Raperda Tahun 2013 dari eksekutif.
Pimpinan dan anggota DPRD Banyuwangi saat menerima usulan delapan Raperda Tahun 2013 dari eksekutif. /Dian Effendi/Ringtimes

RINGTIMES BANYUWANGI - Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Banyuwangi menerima delapan usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dari eksekutif untuk masuk ke dalam Program Pembentukan Peraturan Daeah (Propemperda) Tahun 2023.

Kedelapan judul rancangan regulasi tertinggi daerah usulan ekskektuif tersebut diantaranya, Raperda tentang Pajak daerah dan Retribusi daerah, Raperda tentang Perumahan dan Kawasan pemukiman, Raperda tentang pembentukan Produk Hukum Daerah, Raperda tentang Pencabutan Perda No. 2 tahun 2013 tentang Ijin Pengunaan Pemanfaatan Tanah dan Raperda tentang pencabutan Perda No. 7 tahun 2013 tentang Pedoman Penyerahan Prasarana,Sarana dan Utilitas Perumahan dan Pemukiman. Selain itu juga tiga raperda komulatif terbuka.

“Ada sekitar 8 judul Raperda yang akan di usulkan eksekutif ke dalam Propemperda Tahun 2023, termasuk raperda komulatif terbuka, namun kemungkinan besar masih ada penambahan usulan,“ ucap Ketua Bapemperda DPRD Banyuwangi, Sofiandi Susiadi usai menggelar rapat pra penetapan Propemperda 2023, Rabu 9 November 2022.

Baca Juga: Berikut Soal PAS UAS Matematika Kelas 5 SD Semester 1 beserta Kunci Jawaban

Sedangkan raperda usulan dewan untuk sementara ada tujuh enam judul rancangan produk hukum daerah.

Usulan itu diantaranya adalah Raperda tentang Penyelenggaraan Perkoperasian, Raperda tentang Pengakuan Adat Budaya Osing, Raperda tentang Pengarusutamaan Gender, Raperda tentang Fasilitasi Pesantren, Raperda tentang Produk Unggulan Daerah, Raperda tentang Buruh Migran dan Raperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

“Raperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan menjadi kebutuhan mendasar yang bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat Kabupaten Banyuwangi,“ ucap Sofiandi.

Baca Juga: Pembahasan Soal Matematika Kelas 5 SD Halaman 151 Asyik Mencoba Semester 2 dan Kunci Jawaban

Sofiandi menegaskan, untuk program pembentukan peraturan daerah tahun 2023, pihaknya akan memprioritaskan pembahasan raperda yang telah memenuhi administrasi perundang-undangan.

Seperti halnya Naskah Akademi, legal drafting dan ada bukti telah dilakukan Harmonisasi oleh Kanwil Kemenkum HAM Jawa Timur sebagaimana amanat Undang-Undang No. 15 Tahun 2019 tentang pembentukan produk perundang-undangan. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x