Alasan Dibalik Penolakan AS Terhadap Pengiriman Pesawat ke Ukraina dari Polandia

- 9 Maret 2022, 21:09 WIB
ilustrasi. Jubir Pentagon mengungkap alasan dibalik penolakan AS atas pengiriman pesawat tempur ke Ukraina dari Polandia.
ilustrasi. Jubir Pentagon mengungkap alasan dibalik penolakan AS atas pengiriman pesawat tempur ke Ukraina dari Polandia. /pixabay

RINGTIMES BANYUWANGI - Baru-baru ini diketahui Amerika Serikat (AS) secara terang-terangan menolak permintaan Polandia untuk memberikan akses pengiriman pesawat tempur MiG-29 ke Ukraina.

Dalam hal ini, Polandia akan mengirimkan pesawat tersebut ke Pangkalan Militer AS di Jerman, setelah itu diteruskan ke Ukraina.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengisi kembali angkatan udara Ukraina dalam pertahanannya melawan invasi pasukan Rusia.

Baca Juga: Rusia Terbitkan Daftar Resmi Negara Bagian yang Dianggap ‘Tidak Bersahabat’, Mana Saja?

Sehingga, dengan begitu Amerika Serikat menjadi perantara bagi Polandia untuk Ukraina.

Artikel ini sebelumnya telah terbit di Pikrian-Rakyat.com dengan judul: AS Tolak Tawaran Polandia Kirim Pesawat ke Ukraina, Jubir Pentagon Ungkap Alasannya

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Al Jazeera, permintaan itu langsung ditolak oleh AS yang menganggap bahwa tindakan itu dapat mengkhawatirkan anggota NATO lainnya.

Juru Bicara Pentagon, John Kirby mengatakan bahwa permintaan Polandia itu tidak bisa dilaksanakan.

Baca Juga: Usai Direbut Pasukan Vladimir Putin, PLTN Chernobyl Berhenti Kirim Data ke PBB, Mengapa?

“Kami akan terus berkonsultasi dengan Polandia dan sekutu NATO kami yang lain tentang masalah ini dan tantangan logistik yang sulit, tetapi kami tidak percaya proposal Polandia dapat dipegang.

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x