Inggris Akan Kirimkan Lebih dari 500 Generator ke Ukraina, Bantu Penyediaan Listrik

- 14 Maret 2022, 13:06 WIB
Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris. Inggris akan kirimkan lebih dari 500 generator ke Ukraina.
Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris. Inggris akan kirimkan lebih dari 500 generator ke Ukraina. /Mathew Browne/Unsplash

RINGTIMES BANYUWANGI - Boris Johnson telah mengumumkan bahwa Pemerintah Inggris akan menyumbangkan lebih dari 500 generator bergerak ke Ukraina untuk membantu menyediakan listrik untuk gedung-gedung utama seperti rumah sakit, tempat penampungan dan instalasi pengolahan air.

Pemerintah Inggris telah membentuk gugus tugas dukungan jaringan listrik Ukraina yang baru, termasuk banyak pemasok listrik terkemuka.

Mereka akan menyediakan generator dari stok mereka, dengan banyak diharapkan akan dikirim melalui negara tetangga. Secara total, Pemerintah Inggris harus menyediakan daya yang cukup untuk 20.000 rumah atau bangunan yang setara.

Baca Juga: Eksekusi Massal Terbesar yang Pernah Tercatat, 81 Orang Tewas di Arab Saudi

“Kami melihat konsekuensi tragis di Ukraina dari kesalahan besar Vladimir Putin setiap hari, dan kami akan terus melakukan segala yang kami bisa untuk mendukung perlawanan Ukraina terhadap invasi ilegal ini melalui langkah-langkah ekonomi, diplomatik dan kemanusiaan, sebagai serta menyediakan peralatan militer pertahanan," ucap Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, dikutip dari The Guardian Senin, 4 Maret 2022.

“Kami sekarang akan mengirim generator untuk meringankan kesulitan yang disebabkan oleh pemadaman listrik saat ini dan membantu menjaga layanan vital tetap berjalan sehingga rakyat Ukraina dapat terus mempertahankan negara mereka,” sambungnya.

Pemerintah mengatakan rencana itu muncul dari diskusi baru-baru ini yang diadakan antara presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, duta besar Ukraina untuk Inggris, Vadym Prystaiko, Johnson dan sekretaris energi, Kwasi Kwarteng.

“Mengirim generator listrik portabel ke Ukraina akan membantu menjaga layanan penting tetap berjalan, melemahkan upaya Putin untuk melumpuhkan pasokan listrik Ukraina, dan membantu mendukung respons Ukraina yang luar biasa berani terhadap perang Kremlin,” ujar Kwarteng.

Baca Juga: Ungkap Bantuan dari Negara Barat Tak Gratis, Volodymyr Zelensky: Semuanya Datang Memiliki Biaya

Zelenskiy membuat pidato yang kuat kepada anggota parlemen melalui tautan video ke House of Commons minggu lalu, mengutip Shakespeare dan Churchill. Dia mendesak pemerintah untuk meningkatkan sanksi terhadap Rusia dan mendukung zona larangan terbang di negaranya.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x